Minggu, 02 Juli 2017

PROSEDUR PELAYANAN ADMINISTRASI DI UNIT RAWAT JALAN


Prosedur pelayanan rawat jalan adalah sebagai berikut :

1. Pasien datang di bagian admisi dan diterima oleh petugas admisi;

2. Petugas menanyakan apakah pasien tersebut merupakan pasien baru (pasien yang baru pertama kali berkunjung, tidak membawa kartu berobat dan kehilangan kartu) atau pasien lama,

3. Jika pasien tersebut adalah pasien baru, maka petugas pendaftaran mendaftar pasien sbb:

· Petugas pendaftaran melengkapi formulir rekam medis penerimaan pasien baru dengan mewawancarai pasien tersebut

· Petugas pendaftaran mencetak KIB (Kartu Identitas Berobat) dan IUP (Index Utama Pasien);

· Petugas pendaftaran menyerahkan KIB kepada pasien;

· Petugas pendaftaran membawa formulir rekam medis pasien kepoli / unit pelayanan yang dituju;

· Di Unit Pelayanan / Poliklinik:

· Petugas di unit pelayanan memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien;

· Apakah pasien perlu dirujuk ke unit pelayanan penunjang yang lain?

· Jika Ya petugas, maka petugas membawa formulir rujukan ke unit yang dituju;

· Jika tidak, maka pasien / keluarganya dipersilahkan mengambil obat di bagian farmasi;

· Kemudian petugas mempersilahkan pasien menyelesaikan administrasi pembayaran di kasir.

4. Untuk pasien lama, maka petugas pendaftaran mendaftar pasien sebagai berikut:

· Petugas menerima dan meneliti kartu identitas berobat pasien;

· Petugas pendaftaran mendaftar pasien sesuai dengan pelayanan yang akan dituju dengan mewawancarai pasien tersebut;

· Petugas membuat tracer berdasarkan KIB pasien;

· Petugas mengambil berkas rekam medis pasien ke Filing sesuai dengan tracer tersebut;

5. Apabila berkas rekam medis pasien sudah terkumpul?

· Jika berkas belum terkumpul, maka petugas menunggu sampai berkas terkumpul banyak di bagian admisi

· Jika berkas sudah terkumpul, maka petugas mendistribusikan semua berkas rekam medis pasien ke poliklinik yang dituju;

· Di Unit Pelayanan / Poliklinik:

· Petugas di unit pelayanan memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien

· Apakah pasien perlu dirujuk ke unit pelayanan penunjang yang lain?

· Jika Ya, maka petugas membawa formulir ke unit yang dituju;

· Jika tidak maka pasien dipersilahkan mengambil obat di bagian farmasi;

· Petugas mempersilahkan pasien menyelesaikan administrasi pembayaran di kasir;

· Petugas mempersilahkan pasien pulang;








Tidak ada komentar:

Posting Komentar